Peristiwa

Bersiaplah! ASEAN Serang Indonesia

Kota Tasik | Siap-siap, negara-negara di ASEAN akan menyerang pasar Indonesia. Indonesia bersama negara-negara tetangga sudah menyepakati perjanjian Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) atau ASEAN Economic Community (AEC). Genderang “perang” akan ditabuh mulai 2016.

Iwan Suyudi Amri, Sekjen Kemenlu Indonesia, mengingatkan hal itu. Saat bicara dalam seminar Menuju Masyarakat ASEAN, di gedung Rektorat Universitas Siliwangi, Rabu, 4 Maret 2015, ia menjelaskan, sebetulnya kerjasama Indonesia dengan negara-negara ASEAN sudah terbentuk sejak lama.

Menurutnya, saat ini Indonesia tengah berada pada arus perdagangan global. Untuk itu, para pelaku usaha harus bersiap diri dan berani bersaing dengan produk dari negara lain. “Secara gradual untuk menekan laju pertumbuhan ekonomi di antara bangsa ASEAN, seperti penghilangan tarif  bea masuk, sudah dilakukan sejak 2010. Itu sebagai upaya untuk menahan era pasar bebas, selain meningkatkan daya saing produk-produk dalam negeri,” tuturnya.

Dekan Fakultas Ekonomi Unsil, Asep Budiman, menambahkan, minimnya pengetahuan masyarakat tentang ASEAN dan konsep pasarnya, membuat para pegiat ekonomi di daerah hanya terpaku pada perdagangan lokal.

“Para pelaku bisnis agar lebih mengembagkan sayap usahanya dengan pola pemasaran go international. Ya, paling tidak ke ASEAN dulu. Saat ini kan para pelaku bisnis di Tasikmalaya orentasi marketingnya cukup sampai Jakarata atau daerah lainnya,” ujarnya. initasik.com|zm

Komentari

komentar