Peristiwa

Bersih-bersih Sampah Kabupaten Tasik

initasik.com, peristiwa | Memeringati Hari Peduli Sampah Nasional, Pemkab Tasikmalaya bersama mahasiswa dan aktivis lingkungan menggelar aksi bersih-bersih, mulai setda sampai di Alun-Alun Singaparna, Jumat, 23 Februari 2018.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tasikmalaya, Dadan Wardana, mengatakan, penanganan sampah bukan hanya tugas pemerintah, tapi jadi kewajiban bersama. “Mudah-mudahan masyarakat selalu sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan sekitar,” tandasnya.

Ia mengakui, pemerintah belum bisa optimal dalam penanganan sampah, lantaran keterbatasan anggaran dan armada. Dari 39 kecamatan, baru tercover 13 kecamatan.

Untuk itu, pihaknya memberdayakan program Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) yang ikut membantu penanganan masalah sampah di tiap-tiap daerah. Sejauh ini KSM tersebut sudah mulai terbentuk, namun belum menyeluruh. “Targetnya, di setiap desa ada KSM,” imbuh Dadan.

Salah satu agenda tahun ini, pemerintah akan melaksanakan pengembangan TPA Nangkalea dan perbaikan alat berat jenis loader yang selama ini tidak berfungsi, lantaran minimnya anggaran untuk biaya perawatan. [Eri]