Peristiwa

Bersih-bersih SDN Cisengkol Jelang Masuk Tahun Ajaran Baru

initasik.com, peristiwa | Dayat Somantri, penjaga sekolah di SDN Cisengkol, Tamansari, Kota Tasikmalaya, sedang bersih-bersih lingkungan dan beres-beres ruang belajar. Kaca dan tembok yang terlihat kusam dibersihkan. Tanaman yang ada di lingkungan sekolah dirapihkan.

Itu dilakukannya sebagai untuk mempersiapkan sekolah agar nyaman bagi siswa-siswa dalam menggelar belajar mengajar. Juga mempersiapkan ruangan baru.

Pasalnya, kelas enam tahun kemarin yang sudah keluar hanya satu kelas, sedangkan yang sekarang ada dua kelas. Karenanya memerlukan tambahan ruang belajar. Menyulap ruang perpustakaan menjadi ruang belajar.

“Sibuk mah tetap sama, seperti hari-hari biasa. Namun ada perubahan posisi bangku saja, peralihan kelas. Jadi dirapihkan kembali, terlebih ada beberapa ruangan yang awalnya tidak digunakan belajar sekarang menjadi ruangan belajar,” kata Dayat.

Menurutnya, sekolah yang dijaganya termasuk salah satu kategori pemenang Adiwiyata. Alhasil, banyak tanaman yang memerlukan perawatan, sehingga setiap hari sekolah tersebut harus ditengok. Banyak tanaman yang memerlukan perawatan. Harus sering-sering disiram.

Apalagi kalau ditinggalkan libur sekolah kaya gini, ia harus rajin-rajin menengok sekolah agar tanaman bisa terawat.

“Yang sulitnya itu menjaga dan merawatnya. Kalau menanam dan membuatnya itu terbilang mudah. Kalau bersih dan rindang seperti ini membuat anak jadi nyaman untuk belajar juga,” ujar pria yang sudah satu tahun menjadi tukang bersih-bersih di sekolah tersebut. [Syaepul]