Informasi

Biaya Pemeliharan Jalan di Kabupaten Tasik Rp 3 Juta Per Kilometer

initasik.com, informasi | Biaya pemeliharaan jalan di Kabupaten Tasikmalaya terbilang sangat kecil.  Setiap tahun, anggaran yang dikucurkan ke dinas terkait kisaran Rp 4 miliar. Sekretaris Dinas PUPR Kabupaten Tasikmalaya, Mami M. Fuadi, mengatakan, angka itu bisa jadi sangat besar bila dilihat dari nominal.

Namun, katanya, jika melihat panjang jalan di Kabupaten Tasikmalaya, anggaran itu sangat kecil. Ia menyebutkan, panjang jalan kabupaten sekitar 1.300 kilometer. Itu berarti, per tahun, satu kilometer anggaaran pemeliharaanya hanya kisaran Rp 3 juta.

Belum lagi bila bicara soal sarana prasarana dan jumlah personel. Saat ini hanya ada delapan Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang harus mengcover 1.300 km jalan di 39 kecamatan. “Jumlah SDMnyapun sangat minim. Tiap UPT hanya ada 2 sampai 5 orang. Sangat tidak optimal,” ujarnya saat ditemui di kantornya, Jumat, 23 Maret 2018.

Alhasil, untuk tenaga potong rumput di sekitar jalan yang menjadi kewenanganyapun kebanyakan dilakukan oleh tenaga harian lepas. Idealnya, sambung Mami, di setiap kecamatan, terdapat satu UPT dengan tenaga PNS minimal 2 orang per UPT.

“Setiap tahun kami menerima anggararan APBD sekitar Rp 4 miliar. Itupun digunakan untuk pemerliharaan jalan di 8 UPT dengan total jarak jalan keseluruhan 1.300 km. Bayangkan, setiap 1 kilometernya kebagian anggaran berapa”” tandasnya. [Eri]