Peristiwa

Bila Suryalaya Merayakan Hari Jadi Lima Tahunan

Kabupaten Tasik | Tahun ini Pondok Pesantren Suryalaya tepat berusia 110 tahun, dan merayakan Hari Jadi lima tahunan. Semarak. Berbagai acara disusun, mulai pameran, pawai natura, olimpiade, pelayanan kesehatan, khitanan massal, dan lain-lain.

Humas peringatan Hari Jadi ke-110 Ponpes Suryalaya, Iing Farid Khozin, mengatakan, setiap lima tahun sekali, ponpes yang didirikan pada 1905 itu biasa menggelar perayaan akbar. Pawai natura, misalnya. Mulai 24 Agustus s.d. 1 September 2015 digelar pawai yang diikuti 67 dusun dari 28 desa di 6 kota/kabupaten, seperti Majalengka, Tasikmalaya, Pangandaran, Garut, dan lainnya.

Itu bukan sembarang pawai. Bukan pawai yang diramaikan dengan drumband atau kesenian lainnya. Dalam pawai tersebut, setiap peserta membawa rupa-rupa hasil bumi dan ternak yang akan disedekahkan ke pesantren.

Iing menyebutkan, tahun ini ada sekitar 32 sapi pemberian dari para ikhwan. Ada juga yang membawa kelapa, pisang, telur, beras, domba, ayam, sampai kayu bakar. “Semua itu dimasak dan disuguhkan kepada para tamu,” ujarnya, beberapa hari lalu.

Dalam sehari, sambungnya, sebanyak 25 ribuan nasi bungkus habis dibagikan kepada para tamu. Tak heran, beras yang dimasak mencapai empat kuintal. “Kalau ayam tidak terhitung berapa banyak yang dipotong dalam sehari,” tambah Iing.

Selain pawai natura, perayaan Hari Jadi lima tahunan ini juga diramaikan dengan pameran, olimpiade, pelayanan kesehatan, khitanan massal, penanaman 10 ribu pohon, seminar ilmiah, pameran buku, peresmian museum, dan lain-lain. initasik.com|sep

Komentari

komentar