Dewa Eka Prayoga | Jay/initasik.com
Ekbis

Boleh Punya Banyak Garapan Bisnis Lain, Asal….

initasik.com, ekbis | Fokus. Begitu orang-orang menyarankan agar bisnis yang sedang dirintis berjalan sesuai harapan. Benar. Dewa Eka Prayoga mengamini itu. Pengusaha yang juga motivator bisnis itu sepakat dengan saran tersebut.

Namun, katanya, itu berlaku bagi mereka yang baru melangkah. Startup. Sebagai pengusaha, melebarkan sayap dan menerbangkan perusahaan hingga ke level tertinggi adalah keharusan. Tidak hanya puas dengan kondisi yang ada. Harus tumbuh dan berkembang.

“Banyak yang berpikiran kalau bisnis itu harus fokus. Saya tidak begitu. Bagi pengusaha pemula yang baru merintis memang benar harus fokus. Tapi kalau dia sudah punya cashflow bagus, harus buka usaha baru lagi. Jika sudah grow up dan scale up, bukalah usaha-usaha lain,” tuturnya saat menjadi pemateri dalamseminar digital marketing, di Gedung Aisyah, Jl. Ir. H. Juanda, Rabu, 20 September 2017.

Ia menyebutkan, saat ini dirinya punya banyak usaha yang sedang dijalankan. Selain produktif menulis buku, Dewa punya lebih dari lima usaha yang beda-beda, mulai jualan buku, pakaian muslimah, hingga properti.

“Merasa cukup itu memang harus. Tapi itu untuk diri sendiri. Kita harus merasa cukup sehingga selalu bersyukur. Namun, jangan pernah merasa cukup dalam usaha. Kita harus bisa memperluas usaha untuk menyebarkan kebermanfaatan kita untuk orang lain. Lakukan banyak hal. Berbisnis di banyak hal. Bangun tim sebagus mungkin untuk memberdayakakan orang banyak,” paparnya. [Jay]