Dok,. initasik.com
Informasi

BPBD Kabupaten Tasik Siaga Bencana

initasik.com, informasi | BMKG memprediksi musim hujan mulai terjadi pada Oktober 2018. Untuk itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya siap siaga, mengingat Kabupaten Tasikmalaya termasuk daerah rawan bencana longsor dan banjir. Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tasikmalaya, Wawan R Efendy, mengatakan, pihaknya mewaspadai beberapa potensi bencana di beberapa daerah. Ada dua wilayah yang berpotensi besar terjadi bencana, yaitu Kecamatan Sukaresik dan Kecamatan Salawu.

“Kalau Sukaresik itu banjir, sedangkan Salawu biasanya longsor. Tapi sebenarnya hampir seluruh wilayah Kabupaten Tasikmalaya berpotensi bencana, namun tingkat kerawananya berbeda-beda,” tutur Wawan, Rabu, 5 September 2018.

Untuk itu, BPBD akan selalu siap tanggap darurat apabila terjadi bencana alam. Saat ini pihaknya telah menyiapkan relawan di setiap desa. Jumlah relawannya variatif, tergantung dari kondisi kerawanannya.

Pihaknya juga telah sosialisasi terkait penanggulangan bencana alam dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat. “Jadi, saat terjadi bencana kita tinggal memobilisasi, agar dampak bencana bisa secepatnya ditanggulangi. Keterlibatan masyarakat, termasuk TNI/Polri dan para santri saat penanggulangan bencana itu sangat dibutuhkan,” tandasnya.

Ia mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tasikmalaya, terutama yang tinggal di daerah rawan kebencanaan, agar selalu waspada dalam situasi apapun. Apabila terjadi bencana, segera berkoordinasi dengan aparat setempat. [Eri]