Peristiwa

Budaya Nusantara Banyak Diakui Bangsa Lain

Kabupaten Tasik | Bupati Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum, menyambut baik acara Helaran Kesenian Tradisional yang digelar dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Tasikmalaya, di halaman Setda, Senin, 24 Agustus 2015.

Menurut dia, acara seperti itu penting diadakan untuk menahan serangan budaya luar yang seringkali berbenturan dengan kultur daerah. Infiltrasi budaya barat begitu massif. “Dan yang lebih memprihatinkan lagi, banyak seni dan budaya kita yang diakui oleh bangsa lain,” sesal bupati.

Kenyataan itu, sambung Uu, mesti jadi perhatian semua pihak. Melestarikan seni dan budaya leluhur ada di pundak bersama. Tanggung jawab semua. “Jangan sampai generasi muda kita tidak mengenal seni dan budayanya sendiri, akibat kurangnya pengenalan seni budaya Sunda dari semenjak dini,” tandasnya.

Ia menegaskan, seni budaya merupakan aset bangsa yang keberadaannya perlu dijaga, diberdayakan, dibina, dilestarikan, dan dikembangkan, sehingga dapat berperan dalam menciptakan  masyarakat yang memiliki jati diri.

Bupati berharap, Helaran Kesenian Tradisional mampu meningkatkan pemahaman dan apresiasi masyarakat terhadap seni tradisional dan memberikan hiburan yang edukatif dan bernilai kultural. initasik.com|sep