Jay | initasik.com
Sosial Politik

Budi Budiman tak Merasa Jadi Pembohong Besar

initasik.com, politik | Napas Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman, terengah-engah. Sembari menuruni tangga Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya, ia meladeni wawancara initasik.com, Rabu, 16 Mei 2017.

Pertanyaannya terkait pernyataan Dede Sudrajat, wakil wali Kota Tasikmalaya, yang menyebut Budi sebagai pembohong besar. “Tidak. Itu mah (penilaian) masing-masing saja. Silakan,” ujar Budi dengan suara yang agak parau.

Ia enggan menanggapi terlalu jauh soal ucapan Dede Sudrajat itu. Namun, sebagai muslim yang baik, sudah seharusnya saling menjaga silaturahmi. “Dan yang paling penting melaksanakan kewajiban masing-masing,” sindir Budi.

Sejak pilkada Kota Tasikmalaya kelar diselenggarakan, Dede Sudrajat memang jarang terlihat di Bale Kota. Dalam ren-giat atau rencana kegiatan Pemkot Tasikmalaya yang diterima wartawan, wali kota yang mendominasi.

Untuk wakil wali kota sangat jarang. Yang terbaru adalah menghadiri pelepasan siswa SMAN 2 Tasikmalaya, di Bale Panghegar Hotel Mandalawangi, Sabtu, 13 Mei 2017. Salah satu siswa yang lulus adalah putri Dede Sudrajat.

Baca: Jarang Terlihat di Bale Kota, ke Mana Saja Dede Sudrajat Selama Ini?

Dalam pilkada Kota Tasikmalaya 2012, Budi Budiman dan Dede Sudrajat selalu bergandengan tangan. Saling menebar senyum. Harmonis. Mereka calon wali kota dan wakil wali kota. Dan menang. Mengalahkan petahana, Syarif Hidayat.

Di perjalanan pemerintahan Budi-Dede, hubungan mereka mulai merenggang. Tidak seharmonis dulu. Dede mengaku sering dibuat kecewa oleh Budi. Banyak kesepakatan yang dilanggar Budi. Misalnya, ia tidak pernah dilibatkan dalam rotasi-mutasi PNS.

Puncaknya jelang pilkada 2017 kemarin. Hubungan mereka semakin jauh. Jadi musuh. Masing-masing maju sebagai calon wali kota. Budi menang. Publik pun sempat dibuat kaget dengan menyebarnya perjanjian Budi-Dede soal penggeseran posisi. Budi menyatakan akan memberikan peluang kepada Dede untuk jadi calon wali kota dari PPP. Faktanya itu tidak terjadi. [Jay]

Komentari

komentar