Etalase

Buka Usaha Pangkas Rambut, Iran Mesti Fleksibel Ikuti Mode

initasik.com, etalase | Ketelitian merupakan kunci sebuah keberhasilan. Bidang apapun itu. Termasuk di usaha pangkas rambut, seperti yang dilakoni Iran.

Tangannya lincah dalam menata rambut. Menarik dan menggunting menjadi pekerjaannya sehari-hari. Matanya selalu fokus pada kerapihan dan keserasian antarsisi.

Mencukur, baginya merupakan sebuah hobi. Bukan hanya pekerjaan. Karena, menurutnya, mencukur menciptakan hasil, dan hasilnya itu menjadi sebuah mahkota bagi pemiliknya.

“Rambut itu, kan, diibaratkan seperti sebuah mahkota, keindahan dan kerapihan rambut dapat mencerminkan sosok pemiliknya,” ujar Iran (36), pemilik tempat pangkas rambut di Jl. Mangunreja.

Soal tarif, nominalnya terbilang murah. Cuma Rp 10 ribu untuk dewasa, dan Rp 7 ribu anak-anak. “Alhamdulillah bisa punya usaha tetap seperti ini. Bisa menafkahi istri dan anak,” imbuh warga Kampung Cihonje, Desa Sukakersa, Kecamatan Singaparna, itu.

Ia menyebutkan, dalam usahanya ini ada sebuah kesulitan, di antaranya model yang semakin modis, sehingga ia harus up to date mengenai kemampuannya membuat model-model rambut terbaru. “Kita harus pintar-pintar membuat model yang diinginkan pelanggan,” tandasnya. [Eri]