Keluarga

Bukan Hanya Matematika, Ini Mata Pelajaran Penting yang Harus Didapat Anak di Sekolah

initasik.com, keluarga | Mata pelajaran yang diberikan guru kepada murid di sekolah umumnya pelajaran yang menggunakan otak kiri atau logika seperti matematika dan fisika. Padahal ada satu mata pelajaran yang nyaris tidak didapatkan di bangku sekolah manapun di Indonesia kecuali hanya di perguruan tinggi, yakni ilmu filsafat.

Di beberapa negara termasuk di Indonesia, filsafat baru dipelajari di kalangan mahasiswa. Berbeda dengan di negara lain seperti Jerman, Perancis, dan Italia dimana filsafat telah menjadi mata pelajaran di sekolah menengah.

Filsafat merupakan studi mengenai seluruh fenomena kehidupan serta pemikiran manusia secara kritis. Berikut 4 keuntungan mempelajari filsafat sejak dini.

1.Modal Bergaul dengan Berbagai Kalangan

Mempelajari filsafat sejak dini memungkinkan seseorang lebih mampu bergaul dengan berbagai macam manusia dari berbagai kalangan dan status sosial.

2.Bisa Menjadi Pemecah Masalah yang Handal

Lewat belajar filsafat, seseorang terbiasa menemukan sebab-akibat dari berbagai masalah. Mendapatkan solusi pun menjadi lebih mudah.

3.Tidak Mudah Terprovokasi

Ketika terbiasa menganalisa sebuah masalah ataupun kejadian ketika belajar filsafat, seseorang tentu tidak mudah terprovokasi atau terjebak dalam isu yang belum tentu kebenarannya.

4.Membantu Dalam Mengambil Arah Hidup Saat Dewasa

Salah satu pertanyaan penting dalam ilmu filsafat adalah tentang apa tujuan hidup dan bagaimana menjalani hidup. Mempelajari filsafat membantu seseorang menemukan jawabannya. [kl]

Foto: casaservices.org

Komentari

komentar

Komentari

Komentari