Informasi

Bulan Pertama Buka Privat, Miss El English Course Sering Terima Telepon Iseng

initasik.com, informasi | Bahasa Inggris adalah bahasa bisnis dan bahasa ilmu pengetahuan. Itulah yang diyakini Ela Nurlaela Adalina Sya’adah, pemilik Miss El English Course yang ada di Ruko Bening Regency Kota Tasikmalaya. Baginya, memiliki keahlian berbahasa Inggris adalah hal penting.

Ela menyebutkan, bahasa Inggris sebagai bahasa bisnis, artinya ketika seseorang menguasai bahasa Inggris, maka peluang bisnis bisa semakin besar sampai ke kancah mancanegara. Kesempatan kerja seseorang pun akan semakin meningkat.

“Bahasa Inggris juga bahasa ilmu pengetahuan, dalam artian banyak ilmu pengetahuan yang sumbernya memakai bahasa Inggris. Baik itu buku, artikel, ataupun informasi-informasi lainnya,” kata perempuan kelahiran 1 Juni 1990 itu.

Karena merasakan begitu pentingnya penguasaan bahasa Inggris, Ela yang merupakan lulusan FKIP Bahasa Inggris Unsil itu tergerak untuk membuka tempat les bahasa Inggris agar semua orang merasakan manfaat dari penguasaan bahasa internasional tersebut.

Pada 2016, Ela mencoba membuka jasa privat bahasa Inggris dengan modal seadanya. “Saya mengetik sendiri brosurnya, lalu saya sebar sendirian ke berbagai tempat umum di Tasikmalaya, seperti Dadaha, Alun-Alun, tempat nongkrong di parkiran kampus untuk membagikan brosur. Saya juga broadcast di BBM dan Facebook,” kenangnya.

Satu sampai dua bulan, hasilnya belum terlihat. Tidak jarang, Ela menerima telepon iseng. Sampai di bulan ketiga, dia mendapatkan murid-murid pertamanya. “Saya mengajar ke rumah murid, door to door. Semakin hari, orang yang berminat belajar bahasa Inggris semakin banyak sampai saya memutuskan untuk membuka kursus tepatnya bulan Agustus 2016,” kata Ela yang pernah berprofesi sebagai model itu.

Selain mengamalkan ilmu dan memberi motivasi kepada murid-muridnya, Miss El English Course juga menjadi peluang usaha bagi Ela. Bahkan dia mampu merekrut empat orang yang membantunya mengurus teknis di tempat les.

“Profesi yang sekarang saya jalani sesuai dengan background pendidikan yang saya tempuh. Ini juga menjadi amanat orangtua yang menginginkan saya menjadi guru. Saya senang usaha sendiri dan ingin bisa mengatur jadwal sesuai keinginan, maka saya pilih untuk buka kursus. Saya tidak hanya mengelola, tetapi juga ikut terjun mengajar,” katanya.

Menguasai bahasa Inggris merupakan jalan yang bisa memperbesar kemungkinan seseorang dalam meraih cita-citanya. Tidak sedikit orang yang membuktikan bahwa menguasai bahasa Inggris bisa membuat hidup mereka lebih mudah. [KL]