Dani Fardian
Ekbis

BUMD Dituntut Lebih Kreatif Kembangkan Usaha


initasik.com, ekbis | Pemkab Tasikmalaya memiliki Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang telah diberikan suntikan modal besar setiap tahunnya. Sebut saja misalnya PDAM Tirta Sukapura sebesar Rp 6,7 miliar, BPR, LPK Cipatujah, serta Artha Galunggung, yang mencapai Rp 1,5 miliar setiap tahunnya.

Ketua Komisi 2 DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Dani Fardian, mengatakan, suntikan dana tersebut bukan serta merta diberikan begitu saja. Harus ada perubahan dari segi pendapatan, sehingga bisa menyumbangkan PAD lebih besar kepada APBD yang saat ini masih bergantung terhadap DAU dan DAK pemerintah pusat.

“Seperti halnya PDAM, saya berharap agar ada penambahan pelanggan bagi masyarakat di wilayah Kabupaten Tasikmalaya yang saat ini hanya 30 persen dari total pelanggan yang ada, karena kebanyakannya terpusat di wilayah Kota Tasikmalaya. Artinya harus ada pengembangan atau instalasi jaringan pipa ke daerah yang baru untuk menambah pelanggan,” ungkap Dani.

Targetnya, PDAM Tirta Sukapura bisa mendapatkan pelanggan lebih besar di Kabupaten Tasikmalaya dibandingkan dengan pelanggan yang berada di wilayah Kota Tasikmalaya, sehingga jika telah mengalami kemajuan yang pesat, bisa dibuatkan program pembuatan sarana air bersih bagi masyarakat miskin di setiap daerah yang selalu terkendala ketika musim kemarau tiba. [Kus]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?