Ilustrasi | Dok. initasik.com
Birokrasi

BUMDes Harus Jadi Lokomotif Pembangunan Ekonomi Desa


initasik.com, birokrasi | Wakil Bupati Tasikmalaya berharap Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) menjadi lokomotif pembangunan ekonomi di desa, sehingga bisa berkesinambungan dengan tujuan Dana Desa.

Menurutnya, dengan adanya BUMDes yang dibentuk pemerintah, desa diharapkan menjadi unit ekonomi terkecil, bukan hanya unit pemerintahan terkecil dan bukan semata menjadi badan usaha.

Ia mengimbau kepada Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa,  Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana untuk duduk bersama dengan para kepala desa guna membuat regulasi yang bisa menyasar kebutuhan-kebutuhan BUMDes supaya bisa memiliki inovasi yang kuat, motivasi tinggi, dan menghidupkan kembali gotong royong.

Ade menjelaskan, ada 351 BUMDes di Kabupaten Tasikmalaya yang mesti dibantu oleh Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya dalam segi penganggaran yang menyeluruh serta mempermudah pengalokasiannya.

Selain itu pemerintah harus lebih jeli melihat potensi yang ada di masing-masing desa. Itu bertujuan agar terciptanya BUMDes yang benar-benar mempunyai prioritas dan program yang jelas, serta produktivitas untuk kemajuan desa. Jangan sampai BUMDes dibentuk hanya seperlunya, tanpa manfaat yang jelas. [Rls]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?