Jay | initasik.com
Informasi

Buntut Aksi Begal Penagih Utang, Massa Rusak Mobil Milik Ketua Komplotan

initasik.com, sosial | Aksi begal para penagih utang atau debt collector (DC) berbuntut pada perusakan mobil milik salah seorang DC, di Jl. Argasari 04/02, Kelurahan Argasari, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya, Kamis, 14 September 2017, siang.

Mobil itu milik Asep Boxer yang disebut-sebut sebagai ketua komplotan DC tersebut. Puluhan orang yang mendatangi kediaman Asep Boxer kecewa karena dia tidak ada di rumahnya.

Mereka lantas melampiaskan kekecewaannya dengan merusak mobil berplat nomor B 198 EE yang sudah habis pajak kendaraannya itu. Awalnya menggembosi ban dengan mencopot pentilnya, kemudian mencopot sticker bertuliskan Lembaga Bantuan Hukum.

Tak puas sampai sana, mereka mencoret-coret mobil dengan cat pilox yang dibeli dengan mendadak. Tidak direncanakan sebelumnya. Kanan-kiri mobil dan bagian belakang depan pun ditulisi “Mobil Begal” dan “Perampok”.

Belum puas juga, satu persatu mulai memukul badan mobil dan memecahkan kaca-kacanya dengan batu. Malah salah seorang di antara mereka memecahkan kaca sebelah setir mobil dengan sikutnya. Praakkk! Kacapun pecah. Agar tidak mencelakai pengendara lain, massa membersihkan pecahan kaca itu dari jalan dengan sapu lidi.

Aksi perusakan itu dipicu oleh perampasan mobil Grand Livina yang dilakukan Asep Boxer di Jl. Cisinga, Singaparna, Jumat, 8 September 2017, lalu. “Saya tidak tahu kenapa mobil itu dirampas, padahal tidak punya masalah dengan bank,” ujar Erna Ratnaningsih, pemilik mobil.

Warga Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya, itu mengaku sudah melaporkan Asep Boxer kepada kepolisian dengan pasal perampasan, pencurian, dan penipuan. “Saya sudah tanya ke bank, ternyata tidak ada  masalah dengan mobil saya, dan memang tidak ada masalah. Kata pihak bank, si Asep dan teman-temannya itu orang-orang nakal,” tutur Erna.

Menurutnya, mobil itu diambil paksa oleh enam orang, salah satu di antaranya Asep Boxer. Dari Jl. Cisinga, mobil miliknya di bawa ke Jl. Argasari, kediaman Asep Boxer. Sampai sekarang, ia tidak tahu di mana mobilnya berada. [Jay]