Birokrasi

Bupati Berpesan Agar Kepala Desa Melayani Masyarakat dengan Adil

initasik.com, birokrasi | Beberapa calon penjabat kepala desa yang akan dilantik Bupati Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum, memanfaakan teras masjid Pendopo Lama, Al-Barokah, untuk berdandan, Kamis, 27 April 2017.

Bukan hanya ganti pakaian, sebagian dari mereka ada yang bawa makanan. Botram. Maklum, rumah mereka jauh-jauh. Ada yang dari Kecamatan Cikalong, Culamega, Tanjungjaya, Cigalontang, dan Leuwisari.

Beruntung ada masjid pendopo. Mereka bisa dandan dulu dan mengisi perut seperlunya. Acara pelantikan itu, kata salah seorang, sangat mendadak. Undangan pelantikan diterimanya tadi pagi. Tidak diberi tahu jauh-jauh hari.

“Sengaja saya menyampaikannya (akan jadi pelantikan) tadi pagi. Kegiatan ini seolah terburu-buru, padahal tidak. Kita harus siap dan siaga kapanpun, karena dalam melayani masyarakat pun harus begitu,” tutur Uu dalam sambutannya, usai pelantikan.

Kepada para penjabat kepala desa, Uu berpesan, untuk menjadi pemimpin yang adil. Pemimpin yang melayani semua sesuai kondisi sebenarnya. Mereka yang berhak mendapat bantuan, bantu. Raskin yang sebenarnya untuk masyarakat belum sejahtera jangan diberikan kepada kalangan mapan.

“Kesempatan ini harus dimanfaatkan sebagai pengabdian kepada Allah Ta’ala dan masyarakat. Jadilah pemimpin adil. Jangan zalim. Jangan buat sulit hidup rakyat. Jangan berikan masalah kepada masyarakat,” tandasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPMDPAKB) Kabupaten Tasikmalaya, Wawan R. Efendy, menjelaskan, mereka yang dilantik adalah ASN yang diberi tugas untuk mengisi kekosongan kursi kepala desa yang telah habis masa jabatannya.

Ada enam desa, yaitu Desa Bojongsari, Desa Mekalaksana (Culamega), Desa Nangtang (Cigalontang), Desa Linggawangi (Leuwisari), Desa Sukanagara (Tanjungjaya), dan Desa Cigadong (Cikalong).

“Mereka akan menjabat sampai masuk pemilihan kepala desa serentak yang akan dilaksanakan pada Oktober 2017. Ada 67 desa yang akan mengikuti pilkades serentak,” sebut Wawan. [Jay/adv]

Komentari

komentar