Peristiwa

Bupati Ingin Hidupkan Program Orba

Kabupaten Tasik | Bupati Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum, mengaku ingin menghidupkan kembali program yang pernah digulirkan Presiden Soeharto saat memimpin Orde Baru (Orba), yaitu Gerakan Nasional Orangtua Asuh (GNOTA).

Hal itu diutarakannya saat memberi sambutan dalam peresmian lima kantor OPD, di halaman kantor baru Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan, Kamis, 15 Januari 2014. “Biarin Jakarta sudah tidak bicara GNOTA. Biarin pemerintah provinsi sudah tidak membicarakan GNOTA. Tapi saya ingin mengajak menghidupkan program itu lagi,” ujarnya.

Ia meneruskan, “Mari perhatikan dan santuni mereka yang membutuhkan bantuan. Di kabupaten ini ada ribuan yatim piatu, janda tua dan jompo. Saya minta daftar dari para kepala dinas, sudah berapa yatim piatu yang dibantu.”

Menurutnya, segala sesuatu yang ada dalam diri manusia akan menuju rusak. Tapi, jika itu dikeluarkan di jalan Allah Ta’ala, pasti akan abadi. “Mudah-mudahan dengan menyantuni yatim piatu, dosa-dosa kita akan terhapus. Saya instruksikan seluruh pejabat menjadi orang tua asuh, khususnya yatim piatu,” tandasnya.

Menanggapi hal itu, Sekda Kabupaten Tasikmalaya, Abdul Kodir, mengatakan, setiap kali ada kegiatan resmi, pemerintah selalu memberikan bantuan kepada warga kurang mampu. Ia mencontohkan santunan kepada 50 anak dari keluarga tidak mampu yang diberikan dalam peresmian lima kantor OPD.

“Tapi memang belum maksimal memang. Makanya Pak bupati mengimbau lagi. Kami akan sampaikan kepada para kepala dinas, termasuk para pengusaha, untuk menyisihkan sebagian rezekinya bagi yatim piatu dan warga tidak mampu lainnya,” tuturnya. initasik.com|ashani

Komentari

komentar