Peristiwa

Bupati pun Dorong Pemekaran Tasik Utara

Kabupaten Tasik | Bupati Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum, menegaskan, pihaknya mendukung Kabupaten Tasikmalaya bagian selatan dibuat daerah otonom baru (DOB). Hal itu disampaikannya saat menerima perwakilan Presidium Tasela, di ruang rapat bupati, Jumat, 28 November 2014.

“Sikap Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, wabilhusus sikap pribadi saya terhadap pembentukan DOB Tasela, sejak awal pencalonan jadi bupati, saya mendukung itu. Saya adalah salah satu pendukung DOB Tasela,” ujarnya.

Menurutnya, Jawa Barat merupakan daerah tertinggal dalam perkembangan pemerintahan dan pembangunan fisik. Dibanding Jawa Tengah atau Jawa Timur, kondisinya jauh berbeda. Ia menyebutkan, Jawa Barat dengan jumlah penduduk mencapai 50 juta jiwa, hanya mempunyai 27 daerah administrasi. Sedangkan Jawa Tengah yang berpenduduk 33 juta jiwa, punya 28 kabupaten/kota. Pun dengan Jawa Timur. Provinsi yang memiliki penduduk kurang dari 50 juta jiwa itu daerah otonomnya mencapai 33.

“Dengan adanya pemerintahan yang semakin banyak, pembangunan akan semakin merata dan masyarakat akan semakin terurus. Intinya pemda mendukung dan mendorong terbentuknya Tasikmalaya selatan sebagai kabupaten baru. Tasik utara kalau memang harus dimekarkan, saya akan mendorongnya,” tutur Uu.

Ia menilai, salah satu lambannya pembangunan di Jawa Barat, lantaran sedikitnya urang Sunda yang berada di ring satu kekuasaan nasional. “Kita sering ketinggalan informasi, termasuk soal pembentukan DOB.  Jarang ada orang Sunda yang memiliki jabatan strategis di pemerintah pusat,” sesalnya. initasik.com|ashani

Komentari

komentar