Peristiwa

Bupati Tasik Beri Surat Penugasan kepada Guru Sukwan

initasik.com, peristiwa | Bupati Tasikmalaya, Ade Sugianto, melakukan gebrakan di dunia pendidikan dengan memberikan surat penugasan kepada ribuan guru sukwan. Di antara para guru sukwan itu ada yang sudah mengabdi puluhan tahun, namun selama itu pula tidak punya legalitas dari pemerintah.

Untuk itu, pertama dalam sejarah Pemerintahan Kabupaten Tasikmalaya, Ade Sugianto sebagai bupati memberikan surat penugasan kepada ribuan guru sukwan yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Tasikmalaya.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Tasikmalaya, Muhammad Zen, mengatakan, pemberian surat penugasan kepada para guru sukwan non-K2 ini merupakan gebrakan yang dilakukan Bupati Tasikmalaya, Ade Sugianto.

“Iya, ini bisa dibilang yang pertama kalinya. Ini gebrakan bupati juga sebuah langkah cepat, langkah bijak untuk mengatasi kekurangan guru yang ada di sekolah negeri. Kalau guru swasta, kan, diangkat oleh yayasan, kalau di sekolah negeri, pemerintah yang harus bertanggung jawab, baik dalam hal sarana prasarananya, sumber dayanya, dan gurunya,” papar Zen.

Ia menegaskan, Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya sudah memberikan surat penugasan kepada 3mpat ribu lebih guru sukwan nonK2. Dengan adanya surat penugasan itu, mereka bisa mendapatkan NUPTK, mengikuti pelatihan guru, hingga dapat honor dari dana BOS.

“Karena, kan, kalau mau menggunakan dana BOS itu harus ada dasar hukumnya. Jadi, dengan surat penugasan ini akan legal ketika dibuatkan SPJ untuk diberikan insentif sari BOS. Itu akan sangat terpayungi oleh aturan,” jelasnya. [wrd/jay/initasik.com]