Jay | initasik.com
Peristiwa

Bupati Tasik Lepas Ribuan Burung Berbagai Jenis di Halaman Setda

initasik.com, peristiwa | Bupati Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum, melepas ribuan burung berbagai jenis, di halaman Setda Kabupaten Tasikmalaya, Senin, 11 September 2017, sekaligus peringatan Hari Olahraga Nasional ke-34 dan penutupan perayaan Hari Jadi Kabupaten Tasikmalaya.

Didampingi sekda, para kepala dinas, dan anggota legislatif, bupati mengabsen satu persatu dinas yang ditugaskan membawa burung. Suasana dipenuhi canda tawa. Apalagi saat ada burung yang sudah dilepas, tapi tidak mau terbang. Sekalinya terbang, langsung tersungkur ke aspal. “Manuk geuring mah tong dibawa atuh,” celetuk bupati disambut tawa hadirin.

Menurutnya, pelepasan burung itu dilakukan sebagai salah satu upaya memelihara ekosistem lingkungan, mengingat kompleks setda asalnya lahan produktif. “Di sini awalnya pesawahan. Banyak pohon yang ditebang. Kita memang butuh lahan untuk membangun. Sekarang saya berinisiatif melepas burung untuk menjaga lingkungan tetap seimbang,” tutur Uu.

Ia mengajak warga setda untuk sama-sama menjaga burung-burung itu tetap ada di alam lepas. Jika ada yang mencoba menangkapnya, peringatkan. “Pelepasan burung ini memang tidak ada kaitannya dengan Hari Olahraga Nasional. Kita hanya memanfaatkan momentum,” ujarnya.

Terkait kondisi olahraga di Kabupaten Tasikmalaya, Uu menyebutkan ada perkembangan. Dari tahun ke tahun selalu ada peningkatan prestasi. Begitupun dukungan anggaran dan perhatian kepada para atlet.

“Dukungan kita terhadap olahraga jangan ditanya. Luar biasa. Bantuan kepada KONI tiap tahun bertambah. Kita juga memerhatikan para atlet. Prestasi olaharaga di Kabupaten Tasikmalaya dari tahun ke tahun terus meningkat. Setiap Porda kita selalu ada peningkatan dalam raihan medali,” akunya. [Jay]

Komentari

komentar