Birokrasi

Bupati Tasik Perbolehkan Mobil Pelat Merah Digunakan Mudik

initasik.com, birokrasi | Bupati Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum, memperbolehkan pejabat dan anak buahnya di lingkungan Pemkab Tasikmalaya untuk mempergunakan mobil pelat merah atau mobil dinas untuk mudik.

“Kalau mau dipakai mudik silakan saja. Itu untuk memudahkan mereka dalam bersilaturahmi. Namun, untuk BBM silakan pergunakan uang sendiri jangan menggunakan operasional dari APBD, karena itu kepentingannya untuk pribadi bukan untuk urusan pemerintahan,” tegas Uu.

Uu berdalih, dipergunakannya mobil dinas untuk mudik karena mobil itu sendiri selama lebaran tidak akan dipergunakan untuk kepentingan pemerintahan karena sedang menjalani cuti bersama.

“Daripada kemudian tidak terpakai. lebih baik dimanfaatkan, toh hanya untuk kegiatan silaturahmi, bukan untuk kepentingan yang lain. Kendati memang, jika ada mobil milik pribadi lebih diutamakan mobil sendiri, jangan menggunakan mobil milik pemerintah,” tegasnya.

Disamping mengizinkan untuk menggunakan mobil dinas, Uu juga memperbolehkan pejabatnya memberi ataupun menerima parsel atau bingkisan lebaran. “Syaratnya bingkisan itu diberikan dengan nilai sewajarnya, kemudian yang digunakan adalah uang pribadi bukan uang dari pemerintah. Sebagai penghargaan dari atasan atau dari bawahan kepada seseorang saya rasa sah-sah saja, namun kalau ada yang melebihi batas wajar, laporkan ke KPK untuk dinilai masuk kategori gratifikasi atau tidaknya,” kata Uu. [Kus]