Dok. initasik.com
Informasi

Butuh Rp 59 Miliar Pindahkan Terminal Singaparna ke Padakembang

initasik.com, informasi | Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya memerlukan anggaran besar untuk membangun terminal tipe B di Desa Cilampunghilir, Kecamatan Padakembang. Sedikitnya butuh Rp 59 miliar.

Anggaran sebesar itu di antaranya untuk pembebasan lahan, penyusunan DED, hingga pembangunan terminal. Sekretaris Bappeda Kabupaten Tasikmalaya, Ika Dahlika, mengatakan, rencana pemindahan terminal itu sudah melalui pengkajian.

Menurutnya, lokasi terminal yang saat ini berada di dekat Alun-alun Singaparna dinilai sudah tidak layak, karena menimbulkan kemacetan dan kesemerawutan di pusat kota. “Pasar Singaparna juga akan dipindahkan ke sekitar terminal baru,” ujarnya.

Selain Pasar Singaparna, di Kabupaten Tasikmalaya terdapat empat pasar lagi, yaitu di Taraju, Manonjaya, Ciawi, dan Cikatomas. Ada juga 67 pasar desa yang tersebar di 39 kecamatan. Rencana pemindahan Pasar Singaparna itu sudah dimulai sejak 2015 dan membutuhkan anggaran Rp 45 miliar.

Ia menjelaskan, efek dari pemindahan pasar itu di antaranya berpindahnya pusat pertumbuhan Singaparna ke bagian timur, berkurangnya kepadatan arus lalu lintas di sekitar Alun-Alun Singaparna, dan menjadi bagian yang saling mendukung terminal baru nanti. [Jay]

Komentari

komentar