Dok. initasik.com
Informasi

Cara Rasul Melipur Lelah

initasik.com, informasi | “Wahai Bilal, istirahatkan aku dengan salat,” sabda Rasulullah Shallalahu ’alaihi wasallam kepada Bilal bin Rabah dalam satu kesempatan. Ucapan Rasul menunjukkan, salat merupakan sarana untuk mengistirahatkan badan dan melipur lelah saat beraktivitas.

Penceramah Acep Joni Saeful Mubarok menjelaskan, Rasulullah Shallalahu ’alaihi wasallam menjadikan salat sebagai media untuk istirahat, menenangkan hati, dan menghibur diri. “Saat ada persoalan, Rasul selalu salat dua rakaat,” ujarnya saat diwawancara usai khutbah di Masjid Muhajirin Unsil, Kota Tasikmalaya, Jumat, 16 Februari 2018.

Hal itu dibuktikan dengan beberapa hasil penelitian. Pernah ada seorang ahli yang meneliti manfaat salat bagi kesehatan fisik dan psikis. “Setiap gerakan salat memberikan manfaat yang sangat baik bagi tubuh. Berdirinya saja sebagai bentuk refreshing untuk tubuh,” sebutnya.

Menurutnya, salat adalah salah satu sarana untuk mengingat Allah Subhanahu wata’ala. Termasuk zikir. Dalam Alquran dijelaskan, hanya dengan mengingat Allah hati akan tenang, dan itu menjadi sumber ketenangan dan ketentraman hati yang hakiki. [Jay]