Cipanas Ini Konon Bisa Sembuhkan Stroke
Wisata Alam

Cipanas Ini Konon Bisa Sembuhkan Stroke

Kabupaten Tasik | Air panas di Cipanas Cipacing, Desa Banjarsari, Kecamatan Sukaresik, Kabupaten Tasikmalaya, konon bisa menyembuhkan stroke. Mereka yang terkena penyakit yang membuat lumpuh itu kembali sehat setelah beberapa kali berendam.

Enjang, pengelola Cipanas Cipacing menceritakan, beberapa waktu lalu ada pensiunan polisi yang sengaja datang ke tempat itu untuk mengobati strokenya yang tidak sembuh-sembuh. “Setelah berendam di sini, atas takdir Allah ia sembuh. Bukan hanya dia, penderita stroke lainnya juga banyak yang sembuh,” ujarnya kepada initasik.com.

Menurutnya, air panas di tempatnya berbeda dengan yang di Galunggung atau Garut. Cipanas Cipacing sumbernya langsung dari dalam bumi, tidak melalui penyaringan sungai atau paralon. Tak heran, dari 12 kamar suhu panasnya berbeda-beda. Diperkirakan, sumber air panasnya dari Karaha Bodas.

“Cipanas Cipacing ini dibangun sejak 2008. Luas totalnya satu hektar lebih, tapi yang dibangun baru setengahnya. Ke depan, kami ingin membuat arena outbond dan bumi perkemahan. Ini potensinya bagus. Sayang kalau tidak dikembangkan. Kami sudah mengajukan kepada pemkab, karena ini memang aset pemerintah,” tutur Enjang.

Kurangnya promosi dan sarana-prasarana, nasib Cipanas Cipacing belum sesuai harapan. Kendati harga tiket terbilang murah, hanya Rp 3.500 per orang, tempat wisata keluarga dan pengobatan itu belum bergeliat. “Bukan hanya satu dua, tapi banyak yang sudah sembuh dari strokenya. Kalau gatal-gatal mah sudah jelas,” tandas Enjang mengulang. initasik.com|sep

Komentari

komentar