Peristiwa

Dalam Perda Baru, Pool (Masih) Boleh Menaikkan Penumpang

Kota Tasik | Rancangan Peraturan Daerah Tentang Penyelenggaraan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan di Kota Tasikmalaya telah disepakati menjadi perda. Rapat paripurna DPRD Kota Tasikmalaya menyetujuinya, Senin, 14 Desember 2015.

Dalam rancangan itu salah satunya memuat soal pool bus, dan masih berpijak pada Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM. 35 Tahun 2003. Pool, seperti ditulis dalam ayat 1 pasal 93 di keputusan tersebut, dapat digunakan sebagai tempat untuk menaikkan dan/atau menurunkan penumpang.

“Berdasarkan informasi yang dihimpun, keputusan (Dirjen) itu sedang dalam kajian untuk direvisi. Nanti kewenangan pool akan dibatasi,” sebut Sekretaris Pansus Pembahasan Rarepda, Muslim.

Hal itu dikuatkan Ketua Pansus, Yoke Yuliantie. Menurutnya, saat orang Dirjen Perhubungan memantau terminal Indihiang, mereka kaget karena kondisinya sepi. “Mereka bertanya, kenapa sepi? Kami jawab karena penumpang memilih naik dan turun di pool. Mendengar jawaban itu mereka bilang akan merevisi Keputusan 35/2003 itu,” tuturnya.

Kalau keputusan itu jadi direvisi, sambungnya, maka perda secara otomatis mengikuti keputusan tersebut, karena klausulnya dibuat seperti itu, yakni mengikuti hirarki aturan yang lebih tinggi. “Perda ini tidak berpihak kepada pengusaha, tapi berpijak pada aturan di atasnya,” tandas Yoke. initasik.com|shan

Komentari

komentar