Peristiwa

Dandim: Kita Tidak Pernah Dipimpin Militer

Kota Tasik | Dandim 0612 Tasikmalaya, Letkol Inf. Eden Candra Hayat, mengatakan, republik ini tidak pernah dipimpin seorang militer. Menurutnya, hingga saat ini belum pernah ada seorangpun tentara yang menjabat presiden Republik Indonesia.

“Sering ada yang bertanya kepada saya, ‘lebih baik dipimpin TNI atau sipil?’ Saya lalu balik bertanya, apakah kita pernah dipimpin militer?” lontar Eden kepada ratusan RT/RW se-Kota Tasikmalaya yang tengah mengikuti silaturahim dan pembinaan, di aula Pendopo lama, Sabtu (21/6).

“Kita tidak pernah dipimpin oleh militer. Pemimpin-pemimpin NKRI adalah warga sipil. Kalaupun mereka statusnya purnawirawan, sudah disepakati bersama bahwa ketika anggota TNI mengakhiri masa tugasnya, dia kembali menjadi warga sipil. Jadi kita  tidak pernah dipimpin militer,” terangnya.

Dalam kesempatan itu, Eden berharap, masyarakat tidak terjebak ke dalam permainan elite-elite yang menjadikan sipil dan militer sebagai komoditas politik. “Kita khawatir ada upaya membenturkan antara TNI dengan masyarakat, terlepas dari itu di dalamnya ada purnawiran dan segala macam,” tandasnya.

Untuk itu, ia mengajak masyarakat untuk mengikuti pilpres tahun ini dengan kegembiraan. Jangan ada perselisihan, apalagi permusuhan. Menurutnya, Tasikmalaya merupakan daerah yang menjadi barometer stabilitas keamanan nasional.

“Jika Tasik aman, insyaAllah Jawa Barat aman. Jika Jawa Barat aman, insyaAllah Indonesia aman. Mari kita pertahankan rasa aman dan rasa nyaman  kota ini. Mari hormati perbedaan yang ada. Kita harus saling menjaga dan menghormati perbedaan demi keutuhan persaudaraan,” tutur Eden. initasik.com|ashani

Komentari

komentar