Sosial Politik

Dewan Kabupaten Tasik Usul Pembuatan Perpustakaan di Taman Depan Masjid Agung

initasik.com, politik | Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Basuki Rahmat, mengaku prihatin dengan belum optimalnya peran perpustakaan dalam membangun budaya baca masyarakat. Ada banyak faktor yang menyebabkan hal. Salah satunya masih minimnya fasilitas baca, seperti perpustakaan.

Sampai sekarang, perpustakaan milik Pemkab Kabupaten masih berada di wilayah Kota Tasikmalaya. Masyarakat sulit mengaksesnya. Untuk itu, ia menyarankan membuat perpustakaan di taman yang akan dibangun di depan Masjid Agung Baiturrahman, Singaparna.

Dengan dibuatkannya perpustakaan di taman akan menjadi solusi. Soalnya, kalau mengandalkan yang di kota, selain gedung tidak terawat, masyarakat kabupaten kesulitan memanfaatkanya. Faktor jarak jadi kendala. Jauh.

“Nanti, di taman itu harus ada perpustakaan, seperti halnya di luar negeri. Taman itu bukan hanya tempat bermain, tapi juga tempat bagi orang membaca buku. Dipasang hotspot juga,” ujarnya.

Adapun teknis pembangunanya diserahkan kepada dinas terkait. Jadinya seperti apa belum jelas, yang penting ada perpustakaan. Apakah itu besifat sebagai perpustakaan induk atau taman baca.

“Esensinya di taman tersebut selain tempat bermain juga tempat belajar dan baca. Apa mungkin dengan menggunakan digital, saya tidak terlalu tahu secara teknisnya. Kita ingin membidik anak-anak muda milineal ini supaya melek baca. Soalnya kan harus disesuaikan dengan zaman, buku sekarang sudah kurang diminati,” tandasnya. [Millah]