Peristiwa

Dewan Kesenian Kota Tasikmalaya Dikukuhkan

Kota Kota | Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman, mengukuhkan Dewan Kesenian Kota Tasikmalaya (DKKT), di aula bale kota, Senin, 23 November 2015. “Kita punya banyak potensi kesenian yang bernilai luhung, dan harus dilestarikan,” ujarnya mengawali sambutan.

Untuk itu, sambung Budi, dengan dibentuknya DKKT, seni-budaya di kota ini harus lebih eksis dan berdaya. “Saya meyakini, akselerasi pembangunan di kota ini tidak akan lepas dari seni budaya. Pembangunan karakter generasi muda salah satunya lewat kesenian. Kami mengimbau kepada para pemangku kepentingan untuk turut andil dalam pengembangan seni budaya ini,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua DKKT Bode Riswandi, berkomitmen, dalam lima tahun ke depan ia dan rekan-rekannya bertekad membuat peta kesenian di Kota Tasikmalaya bisa terbaca di tingkat nasional, bahkan internasional.

“Kami bersungguh-sungguh akan membangun kota ini melalui pintu-pintu kebudayaan, dan itu bisa terwujud karena ada kerja sama antara pemerintahan dan pelaku seni. Tidak ada satupun kesenian di dunia ini yang hidup tanpa APBD (anggaran daerah, red). Menyerap APBD bukan barang yang haram, asal disalurkan melalui kanal-kanal yang benar dan waras,” tuturnya.

Terkait agenda di 2016, ia mengaku akan fokus pada pembinaan generasi muda agar mencintai dan merawat kesenian, serta memberikan penghargaan kepada para pelaku seni yang berjasa besar dalam memajukan kesenian dan kebudayaan. initasik.com|shan

Komentari

komentar