Perempatan Cisinga - Cipasung | Dok. initasik.com
Informasi

Di Kabupaten Tasik Tidak Ada Lampu Merah, Kadishub: Mungkin Satu-satunya di Indonesia


initasik.com, informasi | Wilayah Kabupaten Tasikmalaya sangat luas. Sekitar 2.708,82 km2 dengan 39 kecamatan dan 351 desa. Bila dibandingkan dengan Kota Tasikmalaya, luasnya jauh berbeda. Kota Tasik hanya memiliki 10 kecamatan dan 69 kelurahan.

Kendati begitu, sampai sekarang Kabupaten Tasikmalaya belum memiliki satupun lampu stopan (traffic light), terutama di ibu kota kabupaten, Singaparna. Ada satu di perempatan Cisinga-Cipasung, tapi sekarang tidak difungsikan sebagaimana biasanya. Hanya lampu kuning yang dinyalakan.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tasikmalaya, Heri Bimantoro, menjelaskan, asalnya lampu merah di perempatan Cisinga-Cipasung itu digunakan seperti di daerah lain. Namun, alih-alih membuat arus kendaraan menjadi lebih tertata, malah sebaliknya.

“Volume kendaraannya tidak seimbang. Dari arah Singaparna dan Kota Tasikmalaya padat, sedangkan dari Cisinga dan Cipasung kurang, sehingga saat lampu merah untuk dari arah Singaparna malah menjadi macet,” terangnya.

Atas pertimbangan kemaslahatan dan rekomendari pihak-pihak terkait, untuk sementara Dishub tidak lagi memfungsikan lampu merahnya. Sekarang hanya lampu kuning yang menyala. Sebatas peringatan.

“Kalau traffic light hanya itu yang di Cipasung. Itupun hanya warning light. Mungkin di Indonesia hanya Kabupaten Tasikmalaya daerah yang tidak memiliki traffic light. Bukan apa-apa, itu karena memang kita belum membutuhkannya,” tutur Heri. [Jay]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?