Pantai Pamayang, Cipatujah | Dan/initasik.com
Informasi

Diguncang Gempa 7,3 SR, Pantai Cipatujah Aman

initasik.com, informasi | Gempa 7,3 SR yang berpusat di 43 km Barat Daya Kabupaten Tasikmalaya, Jumat, 15 Desember 2017, membuat panik warga Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya. Mereka sempat mengungsi ke dataran lebih tinggi, khawatir terjadi tsunami.

Ade Saripudin, warga Cipatujah, mengatakan, ia bersama keluarga dan warga lainnya terpaksa mengungsi ke perkebunan kelapa untuk menghindari hal-hal yang tidak diharapkan. “Tadi malam kami mengamankan diri di perkebunan,” ujarnya kepada initasik.com, Sabtu, 16 Desember 2017.

Kasno, warga Kampung Cikijang, Desa Cipatujah, menyebutkan, tadi malam kondisi air laut setelah gempa terlihat surut. “Malihan mah cai teh arusna tarik, muter. Maju ka arah wetan,” jelasnya.

Melihat kondisi itu, ia memutuskan untuk segera menjauh dari bibir pantai dan mengungsi ke dataran yang lebih tinggi. Namun kini, kondisinya kembali normal. Tidak ada tsunami seperti yang diisukan di media sosial.

Di Pantai Pamayang, beberapa nelayan sudah mulai melaut kembali. Aktivitas kembali normal. Sebagian warga yang semula mengungsi di kantor Kecamatan dan Desa pun sudah kembali ke rumahnya. [Dan/Milah]