Dok. initasik.com
Informasi

Dikonfirmasi Kabar Uji Coba Tilang via CCTV, Kadishub Kota: Taroskeun Kanu Mostingna


initasik.com, informasi | Kabar soal uji coba tilang via CCTV menyebar di media sosial. Disebutkan, mulai hari ini polisi akan menerapkan bukti pelanggaran (tilang) bagi para pengendara yang melebihi pembatas zebra cross saat berhenti di area lampu lalu lintas alias traffic light.

Dikonfirmasi via Whatsapp, Kepala Dinas Perhubungan Kota Tasikmalaya, Aay Z Dahlan tidak memberikan keterangan jelas terkait kebenaran kabar tersebut. “Taroskeun kanu mostingna,” jawab Aay, Kamis, 19 Oktober 2017.

Dalam broadcast itu ditulis, “Berhentilah di belakang garis lampu TL (traffic light, red). Hati hati dengan kecepatan ketika lampu TL sdh menyala warna kuning. Karena sensor CCTV akan me-ngezoom saat lampu kuning menyala. Mungkin jg dibeberapa wilayah atau tempat lain.

Jangan lupa jg Utk Teman² yg kerja atau perjlnn ke KOTA TASIK informasi mulai november 2017 akan dipasang ratusan CCTV di tmpt2 yg rawan pelanggaran Lalu Lintas sprti Traffic Light maupun tmpt lain

Tujuan pemasangan CCTV trsbt adl utk menangkap scra detail visual para pelanggar Lalin selanjutnya akan dilakukan penilangan secara elektronik dan dikirim surat krmh alamat sesuai Nopol bahkan CCTV tersebut dpt menangkap gambar wajah dan Nopol scra jelas. Khususnya rekan2 jika berhenti dilampu merah jangan melebihi Stop Line lbh baik ambil blkngnya Stop Line.”

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kota Tasikmalaya, Ahmad Suparman, membantah kabar tersebut. Ia menegaskan, informasi dalam broadcast itu bohong. Pihaknya tidak pernah mengeluarkan rilis seperti itu. “Kabar itu tidak benar. Tapi kita memang sudah ada menuju ke arah sana,” tandasnya.

Ia menyebutkan, saat ini ada banyak Area Traffic Control System (ATCS) yang dipasang di beberapa persimpangan jalan, seperti Jati, Mitrabatik, Cimulu, Dewi Sartika, Rancabango, Bojongjengkol, Sutsen dan lain-lain.

Namun, yang sudah menggunakan kamera PTZ (360 derajat+zoom) di antaranya Jati, Mitrabatik, Cimulu, Masjid Agung, Rancabango, Simpanglima, batas kota arah Bandung, batas kota arah Ciamis, Sutsen, dan Bantar. [Jay]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?