Peristiwa

“Dinamit” Bekas Agustusan Gegerkan Warga Nagarawangi dan Para Pengendara

initasik.com, peristiwa | Sebongkah barang yang diduga bom gegerkan warga Nagarawangi, Kecataman Cihideung, Kota Tasikmalaya, Jumat, 18 Agustus 2017, sore. Mulanya, Jaja, warga setempat, yang akan membersihkan kebun singkong dikagetkan oleh sesuatu yang dilihatnya mirip dinamit.

Dadang Herlani, tokoh warga, menjelaskan, sekitar pukul satu siang, Jaja yang akan menyiangi kebun singkong kaget melihat barang mirip dinamit yang diikat rapi, lengkap dengan kabelnya. Jumlahnya ada tujuh selongsong.

“Saya sedang di Pasar Cikurubuk disuruh pulang. Katanya Jaja seperti ketakutan. Saya juga kaget. Pas sampai rumah dijelaskan ada apa, lalu melihat ke sini. Ternyata benar ada barang yang mirip bom. Saya tidak berani mengambilnya. Takut, karena ada kabelnya” tutur Dadang.

Ia lantas menghubungi Babinmas. Polisi pun datang, dan langsung memasang garis polisi. Para pengendara yang penasaran, memarkirkan kendaraannya untuk melihat dan memastikan apa yang terjadi.

Banyak di antara mereka yang mengambil gambar, meski barangnya tidak terlihat jelas, karena terhalangi rumput. Tak sedikit pula yang hanya selfie di sekitar lokasi. “Heran saja banyak orang di sini. Saya penasaran ingin mengetahui ada apa,” ujar Ridwan, pengendara motor.

Didampingi dua orang rekannya, Kapolsek Cihideung, Kompol Setiyana, mengambil barang yang diduga bom itu, lalu membungkusnya dengan rompi. Ia memastikan, itu bukan bom. Hanya mainan. Kemungkinan besar bekas Agustusan. “Ini akan saya bawa ke markas Polres,” sebutnya. [Jay]