Desa Ekbis Informasi

Dinas Pertanian Tasikmalaya Gelar Peningkatan Kapasitas Pemuda Melalui Kegiatan Motivasi Bisnis

initasik.com – Pertanian adalah sektor yang menjadi salah satu program prioritas pembangunan tahun 2022 di Kabupaten Tasikmalaya. Pemerintah Daerah mengusung peningkatan nilai tambah dan daya saing sektor pertanian, perdagangan, pariwisata dan ekonomi kreatif. Maka dari itu, Dinas Pertanian Kabupaten Tasikmalaya menggelar peningkatan kapasitas pemuda malalui kegiatan Business Motivatios Pathway (Motivasi Bisnis Bagi Pemula), (7/9/2022).

Kordinator wilayah Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Kecamatan Mangunreja, Jejen Sujana, menyatakan bahwa BDSP (Busines Development Service Providers) BPP Kecamatan Mangunreja adalah pelaksana kegiatan. Peserta berjumlah 30 orang pemuda-pemudi yang terdiri dari 4 kecamatan yaitu Mangunreja, Tanjungjaya, Sariwangi dan Leuwisari.

BDSP merupakan penyedia layanan pengembangan bisnis yang terdiri atas BPP (Balai Penyuluhan Pertanian), P4S (Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya), BLK (Balai Latihan Kerja), PLUT (Pusat Layanan Usaha Terpadu), dan lembaga pelatihan lainnya.

“Acara ini bertujuan agar para pemuda-pemudi memiliki kemampuan untuk berwirausaha dari hasil tani dan berangsur menjadi petani yang mandiri,” jelasnya.

Tampak hadir juga Kepala Seksi kelembagaan petani dan badan usaha milik petani, Ujang Rukman.

“Kegiatan ini adalah bagian dari rangkaian kegiatan YESS (Youth Enterpreneurship and Employment Support Services),” ungkap Ujang.

Kegiatan ini juga, lanjut dia, selaras dengan Visi-Misi Bupati Tasikmalaya dan program prioritas pembangunan daerah dalam sektor pertanian, pariwisata dan ekonomi kreatif.