Birokrasi

Dinas PPKBP3A Optimistis Program P2WKSS Dongkrak Kesejahteraan

initasik.com, birokrasi | Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlingungan Anak (PPKBP3A) Kota Tasikmalaya optimistis kalau program Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKKS) akan berjalan sukses, terutama dalam mendongkrak perekonomian.

Kepala Dinas PPKBP3A Kota Tasikmalaya, Hadian, mengatakan, dalam program tersebut para pegiat PKK akan diberi pelatihan sesuai potensi di tempat masing-masing. “Program ini berkolaborasi dengan berbagai OPD. Nantinya mereka akan dibina sesuai kelompok masing-masing. Misalnya untuk perekonomian, kita libatkan Dinas Indag,” ujarnya dalam acara verifikasi data awal P2WKSS, di Purbasari, Purbaratu, Kamis, 8 Maret 2018.

Dalam pembinaan perekonomian, Hadian menjelaskan, itu akan disesuaikan dengan potensi yang dimiliki oleh daerah setempat. Misalnya, Purbaratu terkenal dengan kerajinan samak mendong.

“Kita akan perdalam hal itu. Kita akan berikan pelatihan sampai mereka bisa. Hal lain yang menjadi potensi ekonomi juga akan kita bina. Bukan hanya mendong. Setiap daerah pasti punya potensi ekonomi lebih dari satu,” tuturnya.

Ia berharap, masyarakat sekitar, khususnya ibu-ibu PKK, bisa ikut andil dalam menyukseskan program tersebut. Pasalnya, keberhasilan program P2WKSS untuk mendongkrak perekonomian di daerah bergantung pada keseriusan dan daya juang masyarakat. [Eri]