Dok. initasik.com
Birokrasi

Dinas Tenaga Kerja Harus Optimalkan Pengawasan Agar Hak Buruh Terpenuhi

initasik.com, birokrasi | Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman, menitahkan Dinas Tenaga Kerja agar mengoptimalkan pengawasan kepada para pelaku usaha, sehingga hak-hak dasar para pekerja terpenuhi sesuai ketentuan.

“Tahun ini kita bentuk dinas baru, yaitu Dinas Tenaga Kerja. Itu supaya lebih fokus. Sebelumnya menyatu dengan bidang lain, seperti transmigrasi dan sosial. Sekarang berdiri sendiri,” tutur Budi saat diwawancara usai menghadiri acara di Universitas Siliwangi, Senin, 1 Mei 2017.

Dengan dibentuknya dinas tersebut, ia berharap, segala persoalan yang terjadi di dunia kerja bisa segera dicari jalan keluarnya. Di tengah keterbatasan personel, pengawasan mesti lebih diinsentifkan.

Baca juga: Kaum Pekerja di Kota Tasikmalaya Masih Banyak yang Belum Dapat Hak Normatif

“Di sisi lain, kita dorong para pekerja untuk lebih optimal bekerja. Lebih produktif. Selalu berinovasi, sehingga produk-produk yang dihasilkan bisa diperhitungkan di pasaran. Kualitas dan harganya harus berani tarung dengan produk impor. Kalau perusahaan maju, karyawan pun harus ikut sejahtera,” tandasnya.

Kendati begitu, ia mengakui, masih ada perusahaan yang tidak transparan dalam melakukan laporan. Dari 800 lebih perusahaan yang terdaftar, belum semuanya kooperatif. “Memang ada yang nakal. Mungkin itu karena kemampuan mereka terbatas. Para pekerja pun tidak keberatan digaji di bawah ketentuan, karena butuh pekerjaan. Padahal UMK kita paling tinggi di Priangan Timur,” sebut Budi. [Jay]

Komentari

komentar

Komentari

Komentari