Ist
Birokrasi

Dinilai Berhasil Kembangkan Pertanian, Bupati Tasik Disalami Presiden Joko Widodo

initasik.com, birokrasi | Bupati Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum, mendapatkan ucapan selamat dari Presiden Joko Widodo, karena dinilai berhasil mengembangkan bidang pertanian. Tanda Kehormatan Satyalancana Pembangunan pun disematkan kepada politisi PPP itu.

Penghargaan tersebut diberikan pada Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan ke-15, di Banda Aceh, Sabtu, 6 Mei 2017. “Penghargaan ini tidak akan terwujud apabila tidak ada dukungan dari seluruh elemen di Kabupaten Tasikmalaya,” tandasnya.

Untuk itu, ia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah sama-sama membangun dan kerja keras, sehingga Kabupaten Tasikmalaya dinilai maju di bidang pertanian dan ketahanan pangan.

Salah satu keberhasilan Pemkab Tasikmalaya dalam pertanian adalah mengembangkan beras organik. Bahkan, hasilnya sudah diekspor ke negara-negara di Eropa dan Amerika. Kesejahteraan petani pun terkatrol.

Menurutnya, kesejahteraan para petani harus meningkat. Untuk itu harus punya kemauan dan keberanian. Paradigma petani harus berubah. Salah satu bentuk kemauan dan keberanian itu di antaranya menggeser pola pertanian dari kimia ke organik. Selain harga jualnya lebih mahal dibanding beras biasa, menanam padi organik juga ramah lingkungan.

Hingga kini Pemkab Tasikmalaya terus mendorong petani untuk beralih ke padi organik. Setiap tahun ditargetkan penambahan seribu hektar. Dukungan pemerintah pun tidak setengah-setengah. Untuk kepentingan pertanian padi organik, pemerintah memberikan bantuan Rp 400 juta lebih.

Sebelumnya, Uu diganjar penghargaan dari Menteri Pertanian, tiga tahun berturut-turut, karena berhasil meningkatkan produksi gabah kering di atas lima persen per tahun. Ia diberi peniti emas. [Jay]

Komentari

komentar