Peristiwa

Diperiksa Mendadak, Sopir di Terminal Indihiang Kaget


initasik.com, peristiwa | Sopian, sopir bus jurusan Tasikmalaya – Cikalong mengaku terkejut dengan adanya pemeriksaan urine yang mendadak dilakukan Satnarkoba Polres Tasikmalaya Kota. Apalagi ia baru makan obat demam dan batuk.

“Tapi kalau narkoba dan miras saya tidak mengonsumsinya. Silakan saja diperiksa dan saya siap bertanggungjawab jika saya positif menggunakan narkoba, kenapa yakin karena memang saya bukan pecandu,” ujarnya tertawa.

Kasat Narkoba Polres Tasikmalaya Kota, AKP Hamzah Badru, mengatakan, tes urine itu dilakukan untuk mengantisipasi tidak terjadinya penyalahgunaan narkoba dan miras, apalagi pada saat mengendarai angkutan umum yang bakal membahayakan banyak jiwa.

Dalam pemeriksaan itu, satu persatu sopir bus yang masuk ke terminal langsung diminta turun terlebih dahulu untuk mengikuti prosedur tes urine. Mereka kemudian didata dirinya dan asal perusahaan angkutan.

Banyak di antara mereka yang terkejut dan sempat bertanya untuk apa dilakukan tes urine, namun akhirnya mereka tetap mengikuti apa yang teman-temannya  lakukan hingga secara sukarela melaksanakannya.

“Pemeriksaan ini untuk meyakinkan bahwa sopir-sopir ini dalam mengendarai mobilnya benar-benar dalam kondisi aman, terbebas dari narkoba yang akan berakibat fatal dan membahayakan penumpangnya,” tandas Hamzah.

Kabid Angkutan Dinas Perhubungan Kota Tasikmalaya, Yono Kusyono, mengaku mendukung pemeriksaan urine tersebut. Ia menyebutkan, saat ini terminal Indihiang mulai ramai oleh kedatangan sejumlah pemudik dari Jakarta, Bogor, Tangerang, Bandung, dan lainnya.

Rata-rata mereka kembali meneruskan perjalanannya ke daerah seperti arah Cikalong, Cipatujah, dan Taraju. Ia memprediksi, puncak arus mudik bakal terjadi pada Jumat dan Sabtu mendatang, sehari sebelum lebaran. [Kus]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?