Informasi

Disbudparpora Kota Tasik Gagas Desa Wisata

initasik.com, informasi | Kepala Dinas Kebudayaan  Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Tasikmalaya, Undang Hendiana, mengatakan, saat ini pihaknya tengah menggagas program desa wisata.

“Jadi Desa Wisata itu nantinya diharapkan natural, memiliki keunggulan lokal, baik dari kekuatan budaya maupun alamnya,” tuturnya di sela menghadiri satu acara, Rabu, 28 Maret 2018.

Selain untuk membangun kawasan wisata baru di Kota Tasikmalaya, itu digagas untuk mendongkrak perekonomian masyarakat sekitar. “Misalnya di satu desa itu nanti ada masyarakat yang memiliki usaha kuliner, bisa dijual langsung di tempat itu, tidak usah ekspansi keluar. Jadi kita yang mendorong wisatawan untuk berkunjung ke sana,” tutur Undang.

Untuk itu, keterlibatan masyarakat dan komunitas sangatlah penting untuk mendorong desa agar dapat menjadi Desa Wisata. “Yang harus ditumbuhkembangkan itu peran serta mereka. Misalnya mengasah keterampilan yang mereka miliki. Desa Wisata ini berbasis masyarakat, sedangkan untuk urusan aksesibilitas dan infrastruktur dasar, itu baru kewajiban pemerintah,” tandasnya.

Saat ditanya soal tahapan, Undang berdalih saat ini pihaknya sudah mulai sosialisasi. Mengirimkan surat ke setiap kelurahan dan kecamatan. [Eri]