Informasi

Disdukcapil Buka Layanan di Hari Libur dan Malam Hari


initasik.com, informasi | Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tasikmalaya membuka layanan di hari libur dan malam hari bagi masyarakat yang akan mengurus KTP elektronik (KTP-el).

Pekerjaan ekstra itu dilakukan untuk memberikan pelayanan maksimal kepada ribuan wajib KTP yang belum melakukan perekaman. “Itu menjadi tugas kita bersama,” ujar Kepala Disdukcapil Kota Tasikmalaya, Imih M Munir, dalam rapat evaluasi dan optimalisasi penerbitan KTP elektronik, di aula bale kota, Jumat, 19 Januari 2018.

Ia menyebutkan, dari 546.165 wajib KTP-el sampai 27 Juni 2018, hingga sekarang masih ada 37.382 orang yang belum melakukan perekaman. Sedangkan total KTP-el yang sudah dicetak sebanyak 481.185.

Untuk mengingatkan masyarakat yang belum melakukan perekaman, pihaknya telah menyampaikan surat imbauan kepada wajib KTP melalui kecamatan dan kelurahan, mengumumkan di media cetak, elektronik, dan media sosial, serta melakukan perekaman dengan cara jemput bola.

“Kendala-kendala yang ada di antaranya peralatan perekaman sebagian besar tidak berfungsi optimal, dan jaringan koneksi ke pusat data Kemendagri sering tidak stabil, sehingga sangat mengganggu proses perekaman dan pencetakan,” tutur Imih.

Selain itu, sambungnya, keterbatasan tenaga IT di kantor Disdukcapil untuk memastikan jaringan dan sistem berjalan optimal, serta terbatasnya tenaga operator di kecamatan yang semula rata-rata dua orang, tapi berkurang karena dirotasi atau mutasi, tapi belum ada penggantinya. [Jay]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?