Ilustrasi | vixiest
Birokrasi

Disdukcapil Kabupaten Tasik Segera Terbitkan KIA

initasik.com, birokrasi | Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tasikmalaya menargetkan penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA) bisa dimuai tahun ini. Nazmudin Azis, kepala Dinas, mengatakan, pihaknya sudah menyusun banyak rencana, mulai persiapan sampai pencetakan.

“Pembuatannya bisa langsung ke kantor atau nanti kami akan membuat jadwal keliling dalam rangka memberikan pelayanan ke masyarakat dengan datang ke tiap kecamatan,” ujar Azis, di ruang kerjanya, Rabu, 8 Mei 2019.

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kabupaten Tasikmalaya, Winny, menambahkan, progres program K-I-A saat ini sudah memasuki tahap sosialisasi. Blangko untuk KIA pun sudah ada sebanyak 40 ribu.

Menurutnya, ada dua jenis KIA yang kelak akan dicetak. Pertama, untuk anak berusia 0 tahun sampai 5 tahun. Dalam KIA balita ini tidak akan disertakan foto. Beda halnya dengan KIA untuk anak berusia 5 tahun sampai 17 tahun kurang satu hari yang akan dipasang foto. “Mudah-mudahan blanko yang 40 ribu itu secepatnya habis dipakai KIA,” ujarnya.

Winny menyebutkan, manfaat kepemilikan K-I-A, selain sebagai pemenuhan hak sipil anak, juga supaya anak bisa lebih mandiri di kemudian hari. Ia mencontohkan, anak yang duduk di bangku sekolah menengah, dengan adanya K-I-A bisa membuat tabungan sendiri, karena selama ini yang bisa memproses tabungan hanya orangtua. [eri/initasik.com]