Peristiwa

Disdukcapil Kota Tasik Penuhi Hak Kaum Jompo Miliki KTP Elektronik

initasik.com, peristiwa | Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tasikmalaya menjemput bola untuk perekaman KTP elektronik bagi kaum jompo dan difabel. Lantaran fisiknya sudah lemah, tak sedikit di antara mereka yang harus dibopong petugas.

Sekretaris Disdukcapil Kota Tasikmalaya, Mujadi, mengatakan proses perekaman bagi para lansia dan kaum difabel ini sudah berlangsung sejak 2012. Namun, lantaran jumlahnya yang banyak, kelengkapan dokumen kependudukan bagi kaum difabel dan lansia masih belum rampung hingga saat ini.

Ia menegaskan, dokumen kependudukanpun sangat penting bagi mereka, terutama untuk bisa mengakses akses publik yang diberikan pemerintah. “Misalnya untuk jaminan kesehatan. Dokumen itu penting bagi mereka,” ujar Mujadi di sela perekaman kaum difabel dan lansia, di kantor Kelurahan Cigantang, Mangkubumi, Kamis, 6 September 2018.

Menurutnya, ada kurang lebih seribu kaum difabel yang tersebar di Kota Tasikmalaya, sedangkan yang sudah melakukan perekaman baru sekitar tigapuluh persen. Itupun hasil dari perekaman door to door.

Saat ditanya soal hambatan saat melakukan perekaman kaum difabel dan lansia, Mujadi menjawab banyak. Tak sedikit di antara mereka yang sidik jarinya sudah sulit terbaca oleh mesin scanner.

“Termasuk juga saat melakukan perekaman iris mata. Mata mereka kebanyakan sudah sulit terdeteksi. Ada yang sama sekali tidak bisa melakukan perekamam sidik jari dan iris mata karena sulit terdeteksi,” sebutnya. [Eri]