Informasi

Ditinggal Uu, PPP Incar Kursi Wakil Bupati Tasik

initasik.com, informasi | Terpilihnya Bupati Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum, sebagai wakil gubernur Jawa Barat membuat kursi wakil bupati Tasikmalaya menjadi kosong, karena Ade Sugianto yang sebelumnya menduduki jabatan itu secara otomatis menjadi bupati.

Sederet nama digadang-gadang akan mengisi kursi wakil bupati, tak terkecuali Lina Marlina, istri Uu Ruzhanul Ulum. Kendati PPP bukan partai pengusung dalam pilkada 2015 lalu, partai berlambang Kakbah itu mempunyai ambisi untuk mengisi kekosongan tersebut.

“Sekalipun kami tidak memiliki kewenangan, kenapa tidak? Keinginan adalah hak seluruh umat manusia,” ujar Uu saat ditemui usai menghadiri rapat evaluasi Pilgub dan Konsolidasi Pileg/Pilpres KPU, di Islamic Center, Kabupaten Tasikmalaya, Rabu, 8 Agustus 2018.

Ia mengaku, sejauh ini dirinya tak memiliki kriteria apapun terhadap calon pengganti Ade Sugianto untuk menjabat sebagai wakil bupati. “Kami berharap, mereka nemiliki tanggung jawab yang besar bagun bangsa dan negara,” tambahnya.

Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya, Deden Hidayat, menjelaskan, sesuai aturan, yang berhak menduduki kursi wakil bupati adalah partai-partai pengusung. Mereka yang berhak mengajukan dua nama yang akan diajukan ke DPRD Kabupaten Tasikmalaya.

Kendati begitu, tidak menutup kemungkinan yang akan menjadi wakil bupati bukan dari kader partai-partai pengusung. Hal itu sangat mungkin terjadi selama ada kesepakatan dari ketiga partai pengusung. [Eri]