Peristiwa

DPU DT Buka Beasiswa Bagi Mahasiswa

Kota Tasik | Dompet Peduli Ummat Daarut Tauhiid (DPU DT) Priangan Timur membuka pendaftaran beasiswa bagi mahasiswa yang berdomisili di Tasikmalaya, Ciamis, dan Banjar. Selain tidak merokok, kriteria lainnya adalah mahasiswa semester 3-7, belum menikah, IPK minimal 3,0 dan lainnya.

Minat? Silakan datang ke kantor DPU DT Priangan Timur, Jl. Ir. H. Juanda (Jati), Kota Tasikmalaya. Persyaratannya; fotokopi KTP/KTM, kartu keluarga, transkip nilai terakhir, pas foto berwarna 3×4 dua lembar, surat keterangan dari kampus tidak menerima beasiswa dari pihak manapun, dan mengisi formulir pendaftaran. Masukkan persyaratan-persyaratan itu ke dalam map biru (lelaki) atau merah (perempuan). Batasnya sampai 27 Januari 2016.

Luthfi Abdillah F, kabag pendayagunaan DPU DT Priangan Timur, mengatakan, DPU DT ada program beasiswa dari tingkat SD sampai perguruan tinggi. Untuk Januari ini, pihaknya membuka program beasiswa untuk mahasiswa dengan kuota 20 orang.

“Karena kita lembaga amil zakat, jadi dalam penyaluran juga harus tepat sasaran. Kategori yang pertama adalah sisi ekonominya kurang, selanjutnya dari prestasi dan aktivitas. Makin banyak aktivitasnya kita makin prioritaskan,” ujarnya saat ditemui di kantornya, Jumat, 15 Januari 2016.

Ia menyebutkan, setiap bulan penerima beasiswa akan mendapat Rp 350.000, selama satu tahun. Selain itu, mereka akan dilibatkan dalam berbagai program pendidikan, ekonomi, dakwah, dan sosial. Tujuannya, untuk memberikan pengalaman serta mendidik mereka agar bisa mandiri. “Nanti mereka diterjunkan langsung ke masyarakat mendampingi pengajian ibu-ibu. Jadi, program kami itu bukan hanya santunan, tapi juga ada pendampingannya,” terang Luthfi.

Banyaknya penerima beasiswa tersebut tergantung dana yang terkumpul dari yang zakat dan sedekah. Namun, dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Program berbagi ini, selain untuk meninggikan cita-cita mahasiswa, juga untuk menghindari yang putus kuliah di tengah jalan.

“Kami ingin memfasilitasi mereka yang tidak mampu untuk bisa kuliah dan meningkatkan kapasitasnya. Selain dari sisi ekonomi, dari keilmuan dan ruhaniyahnya kita dorong. Saya juga dulu penerima beasiswa ini. Banyak manfaat dan pengalamannya,” tandasnya. initasik.com|syamil

Komentari

komentar