Informasi

Dua Pekan Operasi Patuh, Polisi Keluarkan 878 Surat Tilang

initasik.com, informasi | Polres Tasikmalaya menggelar operasi patuh selama dua pekan, mulai 26 April sampai 9 Mei 2018. Hingga hari terakhir, sekitar 878 surat tilang dikeluarkan polisi kepada para pengendara yang melanggar aturan.

Kepala Unit Patroli Satuan Lalu Lintas Polres Tasikmalaya, Iptu Sunarto, mengatakan, kebanyakan pelanggaran dilakukan oleh kendaraan roda dua. “Perbadinganya sekitar 70 persen banding 30 persen,” ujarnya saat ditemui usai penutupan operasi di sekitaran Pos Polisi Alun-Alun Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Rabu, 9 Mei 2018.

Untuk jenis pelanggaran, ia mengatakan bervariasi, mulai dari kelengkapan surat-surat kendaraan, helm, sampai pelanggara rambu-rambu lalu lintas. Selain memberikan penindakan berupa penilangan, dalam operasi itu juga dilakukan teguran. Jumlahnya mencapai 560 teguran.

Operasi yang digelar serentak itu, menurutnya, selain untuk menekan angka kecelakaan, juga sebagai bentuk upaya pihak kepolisian dalam menegakan tata tertib serta aturan berkendara. “Misalnya, kita juga punya target anak-anak di bawah umur yang sudah memakai kendaraan bermotor. Itu kita tindak, supaya jadi pelajaran bagi orangtua agar tidak memberikan akses kendaraan bermotor kepada anak di bawah umur, karena itu menyalahi aturan,” tandasnya. [Eri]