Peristiwa

Dusta Kepala BKD Soal Seleksi Dirut RSUD

Kota Tasik | Entah apa yang membuat Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Tasikmalaya, Kuswa Wardana, mudah berbohong. Ia betapa gampang untuk berkata dusta hanya untuk menutupi informasi yang dimilikinya, padahal itu bukan data terkait rahasia negara.

“Belum ada, Pak, belum,” jawabnya saat ditanya apakah sudah ada yang mendaftar untuk seleksi direktur RSUD dr. Soekardjo, Rabu, 20 Januari 2016. Sambil turun dari tangga di kantornya, Kuswa tak mau membuka informasi tersebut. Ia berkali-kali mengatakan belum ada yang mendaftar untuk menjadi orang nomor satu di rumah sakit pelat merah tersebut.

Padahal, sebelumnya initasik.com sudah mendapat data terkait pendaftaran calon direktur RSUD yang ditutup pada hari ini. Sampai pukul dua siang, ada tiga orang yang memberikan berkas lamaran ke sekretariat panitia seleksi pengisian jabatan direktur RSUD dr. Soekardjo.

Mereka adalah dr. Wasisto Hidayat; direktur RSUD dr. Soekardjo yang sudah habis masa jabatannya pada 1 Desember 2015 kemarin, dr. Suherman; wadir Umum RSDU dr. Soekardjo, dan dr. Rini Dwidarani; plt Direktur RSUD dr. Soekardjo.

Saat initasik.com menyebutkan nama-nama itu, Kuswa gelagapan. Ia berdalih tidak punya wewenang untuk menyampaikan informasi tersebut. Sebelum menemui Kuswa, initasik.com mendatangi ruang kerja Sekda Kota Tasikmalaya yang juga ketua panitia seleksi, Idi S Hidayat. Jendralnya para PNS itu pun sulit ditemui. Melalui ajudannya, Idi mempersilakan initasik.com untuk menemui Kuswa.

Kedua pejabat itu sangat tertutup saat akan dikonfirmasi soal seleksi calon direktur rumah sakit. Idi hanya memberikan keterangan lewat pesan singkat melalui ajudannya menjawab pertanyaan, apakah ada perpanjangan waktu pendaftaran atau langsung ke tahap selanjutnya. “Kata bapak dilanjut sesuai aturan,” ujar ajudan Idi sambil membaca pesan singkat di hapenya.

Di atas map berisi berkas lamaran atas nama dr. Wasisto, tertera kata “lengkap” dalam kolom catatan, pertanda persyaratannya telah memenuhi. Pun di berkas lamaran lainnya. Setelah mengikuti seleksi kompetensi, wawancara, dan pemeriksaan kesehatan, pemkot akan mengumumkan siapa yang dipilih menjadi direktur RSUD pada 19 Februari 2016. initasik.com|shan

Komentari

komentar