Peristiwa

Empat Meter Badan Jalan Cihideung Buat PKL

Kota Tasik | Penataan para pedagang kaki lima (PKL) di jalan Cihideung, Kota Tasikmalaya, rencananya bakal menggunakan badan jalan selebar empat meter. Posisinya masih di tempat yang selama ini digunakan PKL.

Namun, tempat jualannya akan diseragamkan dengan menggunakan roda. “Dulu katanya Agustus, tapi sampai sekarang belum ada penataan,” ujar Ujang, salah seorang PKL Cihideung kepada initasik.com, Jumat, 6 November 2015.

Sebenarnya, kata Ujang, ia berharap tak ada penataan seperti yang direncanakan pemkot. Pasalnya, penataan itu akan membuat tempat jualan jadi seperti pasar Ramadhan. Berhimpitan. Tak akan ada celah untuk mangkal becak, misalnya.

Ook, pemilik toko Banyumas, mengharapkan hal serupa. Baginya, kondisi yang seperti sekarang pun tak masalah. “Tapi saya mah ikut yang banyakan saja. Kalau banyak yang setuju, ya ikut setuju,” katanya.

Kepala Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Kebersihan Kota Tasikmalaya, Yono S Karso, menyebutkan, sedianya penataan itu akan dibuatkan tenda. Namun, berdasarkan kesepakatan semua pihak jadinya dibuatkan roda. “Ukuran 2 x 1,2 meter. Semua seragam. Bedanya untuk makanan dan pakaian. Totalnya ada 326 roda, dan itu gratis untuk PKL,” sebutnya.

Menurut dia, ratusan roda itu direncanakan beres pertengahan November. Kalau roda-roda tersebut sudah jadi, tim penataan akan berembug lagi untuk memastikan segalanya, termasuk rekayasa arus lalu-lintas. “Di samping dari APBD, kami sudah menawarkan kepada beberapa perusahaan untuk mendanai penataan itu dari CSR,” imbuhnya. initasik.com|shan

Komentari

komentar