Syaepul | initasik.com
Sosok

Endang Mahir Perbaiki Mobil Eropa Setelah Jadi Montir Petinggi Tentara

initasik.com, sosok | Tidak banyak montir yang mahir memperbaiki mobil pabrikan Eropa. Kesulitannya terbilang tinggi. Rumit. Selain suku cadangnya tidak sebanyak mobil Jepang, harganya pun mahal.

Dari sedikit montir yang jago “mengoperasi” mobil Eropa, Endang Suherlan salah satunya. Pemilik bengkel mobil di Bantarsari, Kelurahan Bungursari, Kecamatan Bungursari, Kota Tasikmalaya, itu punya cerita menarik di balik kemahirannya memperbaiki mobil Eropa.

Sejak 1967 Endang sudah buka bengkel. Tempatnya di daerah Jawa. Puluhan tahun ia di sana. Tak heran, banyak pelanggan yang sudah seperti keluarga.  Awalnya ia memperbaiki mobil Jepang.

Seiring berjalannya waktu, pada 1980-an, banyak konsumen yang menyuruhnya menyervis mobil Eropa. Di antara pelanggannya, banyak juga orang-orang penting, seperti petinggi TNI (waktu itu) Ma’mun Murod, Rektor UGM Prof. Koesnadi, pejabat Pertamina dan lain-lain.

Sejak itulah ia mulai terbiasa dengan mobil-mobil Eropa. “Berani mencoba dan terus belajar. Apapun itu, kalau kita punya keinginan, selain harus pantang menyerah, penting juga tidak pernah berhenti belajar,” tandasnya.

Puluhan tahun membuka jasa bengkel mobil, Endang mengaku sudah paham seluk-beluknya. Pahit-manisnya pun sudah banyak dilalui, termasuk dalam soal pendapatan. Dulu, ia mengaku bisa dapat Rp 4 juta dalam satu minggu. Sekarang, ingin Rp 1 juta saja susah. [Syaepul]

Komentari

komentar