Ilustrasi | Dok. initasik.com
Peristiwa

Gelap, Warga Kampung Baru Mangunreja Keluhkan Kurangnya PJU

initasik.com, peristiwa | Warga Kampung Baru, Desa Sukasukur, Kecamatan Mangunreja, Kabupaten Tasikmalaya, mengeluhkan minimnya sarana penerangan jalan umum (PJU). Di sekitar jalan yang merupakan akses ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Nangkalea ini kondisnya gelap.

Ina Herlina, warga setempat, mengaku selalu takut jika ia melewati jalan itu saat malam hari. Pinggiran jalan yang dirimbuni pepohonan, membuat kondisinya semakin gelap. “PJU ada, tapi kurang banyak. Beberapa titik memang terang, tapi kebanyakan gelap karena PJUnya kurang. Kadang suka takut kalau malam-malam lewat sini,” ujarnya.

Selain jumlahnya kurang, beberapa PJU yang ada di sekitar jalan itupun mati. Tak berfungsi. Ruhiyat, warga lainnya, mengeluhkan hal itu. Menurutnya, kondisi jalan yang gelap pernah jadi kesempatan berbuat jahat. Pernah ada warga yang dibegal.

“Mereka (begal) dua orang. Satu orang berpura-pura mabuk berat sampai tiduran di pinggir jalan dan minta tolong pada pengendara. Ketika berhenti, satu pelaku lagi langsung merangsak motor dan barang- arang berharga lainya,” bebernya.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tasikmalaya, Heri Bimantoro, mengatakan, pihaknya sudah menambahkan beberapa PJU di sekitar jalanan itu. Kalau masih kurang, akan mengusahakan segera melakukan penambahan. “Kemarin, dua hari ke belakang, kami sudah tambah 10 titik, terutama di jalan yang mau ke TPA itu. Tapi kalau kurang, nanti kita usahakan. Secepatnya,” tandas Heri. [Eri]