Peristiwa

Gelar Operasi Katarak, YBM PLN Tanggung Semua Biaya

initasik.com, peristiwa | Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN Area Tasikmalaya menggelar operasi katarak di Klinik Mata Puspa Seruni, Sukamulya, samping Bale Kota Tasikmalaya, Sabtu, 20 Januari 2018.

Dalam bakti sosial pengobatan katarak yang digelar Perusahaan Listrik Negara (PLN) itu ada 24 orang terdaftar sebagai pasien. Namun, beberapa orang tidak bisa dioperasi, lantaran tensi darah dan kadar gulanya tinggi.

“Yang tidak bisa dioperasi sekarang, kami akan konsultasi lagi dengan tim dokter. Kalau masih bisa masuk daftar tunggu dalam waktu dekat akan kami tindak lanjut lagi,” tutur Eman Sulaeman, bagian Pembinaan dan Pengembangan YBM PLN Area Tasikmalaya.

Ia menjelaskan, bakti sosial itu merupakan salah satu program YBM (sebelumnya bernama LAZIS) PLN di bidang kesehatan. Para pasien operasi itu merupakan hasil pemeriksaan awal yang dilakukan pada akhir Desember 2017 kemarin.

Dari 121 orang yang diperiksa, ada 37 orang yang terindikasi katarak. Pada 19 Januari 2018 kemarin, kepada mereka dilakukan penyaringan (screening), bekerja sama dengan Bulan Sabit Merah Indonesia.

“Hasil screening, ada 24 orang yang akan dioperasi. Kami menanggung seluruh biaya pengobatan, mulai dari transportasi, makan, hingga biaya operasi. Kami menginginkan pasien tidak mengeluarkan uang sepeserpun,” paparnya.

Menurutnya, operasi itu bukan hanya dilakukan sekali. Ke depan, YBM PLN akan memprogramkan kembali untuk mengoperasi mata satunya lagi, terutama untuk pasien yang kedua matanya katarak. “Sekarang baru satu mata yang dioperasi. Insya Allah akan kami programkan kembali pada tahap berikutnya,” tandas Eman.

Siti Maemunah, warga Cidoyang, Kecamatan Padakembang, Kabupaten Tasikmalaya, mengaku bersyukur bisa ikut program tersebut dan berterima kasih kepada YMB PLN. Ia berharap, setelah dioperasi mata sebelah kirinya bisa kembali melihat normal. [Jay]

 

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?