Hans-Joerg Waskowski di melukis bersama di sebuah gedung tua di dekat stasiun
Seni Budaya

Geliat Para Perupa Tasikmalaya Membuka Mata Dunia


initasik.com, seni budaya | Minggu, 27 Agustus 2017, kemarin bisa jadi merupakan salah satu hari terbaik bagi para perupa Tasikmalaya. Mereka tidak hanya bisa menampilkan karya-karya lukisannya dalam pameran seni rupa bertajuk Artasik, di Gedung Kesenian Kota Tasikmalaya, tapi juga mendapat semangat lain dari kehadiran perupa asal Jerman, Hans-Joerg Waskowski.

Pameran tersebut menampilkan karya dari perupa-perupa Tasik yang beberapa di antaranya telah mendunia. Pembukaan Artasik dimulai dengan penampilan salah satu seniman Karinding, Ayi. Dilanjutkan dengan sambutan Hans-Joerg Waskowski mengenai kerja sama antara Tasikmalaya dan Gera, sebuah kota di Thuringen, Jerman, tempatnya berasal.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, salah satu seniman asal Tasikmalaya, Afrudin Achmad dari Komunitas Pinggiran akan berangkat ke Jerman pada 9 September 2017 mendatang. Program tersebut merupakan bagian dari program kerja sama yang diinisiasi Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Tasikmalaya dengan Senior Experten Service (SES) Jerman.

Artasik sendiri merupakan salah satu program dari Kibar Budaya Kota Tasikmalaya, sekaligus mempertontonkan hasil pelukis Tasikmalaya kepada Mr. Waskowski. Pria berusia 73 tahun itu mengacungkan jempol pada karya-karya yang dipamerkan.

“Saya berharap kerja sama antara Tasik dan Jerman, khususnya Kota Gera, akan terus berlanjut dan mendatangkan manfaat yang banyak,” kata Mr Waskowski.

Ruslan Aryandinata atau yang akrab disapa Leo berharap, dengan adanya kerja sama yang melibatkan Mr Waskowksi, seni rupa di Tasikmalaya bisa semakin diapresiasi. “Mudah-mudahan bisa lebih mendongrak geliat para seniman Tasik untuk terus berkarya,” ujarnya.

Program kerja sama Tasik-Gera di bidang seni budaya dilanjutkan ke esok harinya. Senin, 28 Asustus 2017, diadakan melukis bersama di sebuah gedung tua di dekat stasiun Kota Tasikmalaya. [KL]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?